Mau Jadi Pelaku UMKM Sukses? Wajib Simak Enam Tips Ampuh Mendapatkan Investor

- 16 November 2023, 22:53 WIB
Ilustrasi: Sepakat Melakukan Kerjasama
Ilustrasi: Sepakat Melakukan Kerjasama /freepik.com

 

JABEJABE - Dalam menunjang keberlangsungan dan pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), peran investor sangatlah penting. Pasalnya, banyak UMKM yang membutuhkan modal awal cukup besar untuk memulai bisnis dan mengembangkannya.

Dalam banyak kasus, sumber modal yang dibutuhkan pelaku UMKM bisa didapat dari investor. Investor dalam hal ini memberikan modal yang diperlukan UMKM untuk membeli peralatan, membangun infrastruktur, menggaji karyawan, atau melakukan promosi.

Kemudian selain modal, investor juga dapat memberikan dukungan strategis dan manajerial kepada UMKM. Investor yang memiliki pengalaman dan keahlian di bidang tertentu bisa membantu mengembangkan rencana bisnis yang efektif dan membantu mengelola keuangan UMKM dengan lebih baik.

 

Investor juga dapat memberikan akses ke jaringan dan sumber daya yang tentunya berguna bagi UMKM. Seperti misalnya investor dapat membantu UMKM menjalin hubungan dengan pelanggan yang potensial atau mitra bisnis yang dapat membantu mereka dalam mengembangkan bisnisnya.

Secara keseluruhan, investor dapat memberikan dukungan finansial dan dukungan strategis lainnya yang penting bagi UMKM untuk tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, pelaku UMKM dapat mencari investor yang tepat untuk membantu mereka mencapai tujuan bisnisnya di masa depan.

Baca Juga: Hadir di Shopee 11.11 Big Sale, Ini Produk Lokal dan UMKM yang Jadi Favorit Konsumen

Halaman:

Editor: Subrata


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini