SELAMAT, Keluarga Penerima Manfaat Dapat pencairan 5 Bansos Kemensos di Desember 2023 BLT El Nino hingga PKH

- 19 Desember 2023, 15:03 WIB
Ilustrasi: 5 Bansos Kemensos di Desember 2023 BLT El Nino hingga PKH
Ilustrasi: 5 Bansos Kemensos di Desember 2023 BLT El Nino hingga PKH /Antara/Adwit B Pramono

JABEJABE - Inilah daftar bantuan sosial yang dijadwalkan akan dicairkan pada bulan Desember 2023. Salah satunya adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino.

Kabar baik bagi masyarakat, karena setidaknya ada tiga jenis bantuan sosial yang diprediksi akan dicairkan pada bulan Desember 2023 ini. Salah satunya yang sangat dinantikan adalah BLT El Nino, yang diberikan secara khusus kepada mereka yang terdampak oleh El Nino.

Baru-baru ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan arahan, dengan rencana untuk menyalurkan BLT sebesar Rp200.000/bulan selama periode November-Desember 2023, baik secara rapel atau sekaligus sejumlah Rp400.000. Menurut beliau, transfer akan dilakukan satu kali, langsung untuk dua bulan sekaligus, dengan total 18,8 juta KPM, yang menjadi eksekutor adalah Kemensos.

BLT El Nino

Untuk memeriksa apakah Anda terdaftar sebagai penerima BLT El Nino atau tidak, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Cek BLT El Nino:

  1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id
  2. Isi wilayah penerima bantuan dengan mengisi kolom provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan
  3. Isi nama Penerima Manfaat (PM) sesuai dengan KTP
  4. Masukkan empat huruf kode yang tertera dalam kotak
  5. Klik tombol Cari Data.

Baca Juga: Jawaban Informatif dan Mendalam Tentang 10 Pertanyaan Umum Masyarakat Mengenai Bansos

Selain BLT El Nino, ada dua bantuan sosial lainnya dari pemerintah yang diprediksi akan dicairkan pada bulan Desember 2023 ini.

Cek Bansos Desember 2023

Bulan Desember membawa berbagai kebaikan untuk meringankan beban Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Mari kita bahas lebih rinci empat program bansos yang masih berlangsung pencairannya menjelang akhir tahun ini.

1. Bansos Keluarga Harapan (PKH)

Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 4 tahun 2023 membawa bantuan kepada berbagai kelompok, mulai dari ibu hamil/nifas, anak usia dini, hingga lansia dan penyandang disabilitas. Pencairan bansos PKH tahun ini semakin mudah melalui Bank Himbara atau melalui ATM, memastikan bantuan sampai dengan lancar.

Halaman:

Editor: Subrata


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini