Update Terbaru KUR BRI Januari 2024: Panduan Limit Pinjaman, Syarat, dan Suku Bunga Pinjaman

- 3 Januari 2024, 14:06 WIB
Update Terbaru KUR BRI Januari 2024: Panduan Limit Pinjaman, Syarat, dan Suku Bunga Pinjaman
Update Terbaru KUR BRI Januari 2024: Panduan Limit Pinjaman, Syarat, dan Suku Bunga Pinjaman /ist

JABEJABE – Kabar baik bagi pelaku usaha dan UMKM di Indonesia, karena Kredit Usaha Rakyat (KUR) kabarnya akan segera tersedia pada tahun 2024 dengan persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon debitur.

Menurut informasi yang beredar luas, pemerintah telah menganggarkan sejumlah besar dana, yaitu Rp47,78 triliun, untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada tahun 2024. Dana pinjaman ini disediakan khusus untuk membantu pelaku usaha atau UMKM yang menghadapi permasalahan, terutama dalam hal pendanaan.

Tujuan utama dari program KUR adalah membantu masyarakat dengan memberikan modal investasi dan mendukung pengembangan usaha sehingga dapat meningkatkan perekonomian di Indonesia.

Pemerintah akan menyalurkan pinjaman ini melalui beberapa bank, termasuk Bank Rakyat Indonesia (BRI). Meskipun belum ada kabar resmi dari Bank BRI mengenai jadwal pembukaan pengajuan KUR, merujuk pada tahun-tahun sebelumnya, diperkirakan pengajuan akan dibuka pada bulan Maret mendatang.

Sambil menunggu pengumuman resmi dari Bank BRI, calon debitur disarankan untuk mempersiapkan diri, terutama mengenai informasi penting seperti suku bunga, limit pinjaman, dan persyaratan yang harus dipenuhi.

Baca Juga: Apakah KUR BRI 2024 Masih Ada? Kapan Dibuka? Cek Info Terbaru di Sini

Baca Juga: Rp100 Juta Siap Cair! Ajukan Segera KUR BRI 2024 Tanpa Jaminan dengan Mudah

Sebagai informasi tambahan, Bank BRI menawarkan tiga jenis KUR, yaitu:

  • KUR Mikro: Plafon maksimal Rp50 juta, suku bunga 6 persen, tenor 3 tahun.
  • KUR Kecil: Plafon maksimal Rp50-500 juta, suku bunga 5 persen per tahun, tenor 5 tahun.
  • KUR TKI: Plafon maksimal Rp25 juta, suku bunga 6 persen, tenor maksimal 3 tahun.

Bank BRI memberikan limit pinjaman hingga Rp500 juta dengan suku bunga pinjaman efektif sekitar 6 hingga 9 persen per tahun, yang jika dihitung per bulan hanya sekitar 0,2 persen.

Halaman:

Editor: Subrata


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini