Bantuan Sosial Beras Dilanjutkan hingga Akhir 2024: Kemenkeu dan Kemensos Tingkatkan Pengawasan

- 21 Mei 2024, 11:50 WIB
Bantuan Sosial Beras Dilanjutkan hingga Akhir 2024: Kemenkeu dan Kemensos Tingkatkan Pengawasan
Bantuan Sosial Beras Dilanjutkan hingga Akhir 2024: Kemenkeu dan Kemensos Tingkatkan Pengawasan /Istimewa

JABEJABE.CO - Presiden Joko Widodo menegaskan pentingnya melanjutkan dan memantau penyaluran bantuan sosial (bansos) agar tepat sasaran. Dalam sidang kabinet di Istana Negara pada Januari 2024, Presiden menyampaikan bahwa semua jenis bansos, baik berupa bantuan pangan, Program Keluarga Harapan (PKH), maupun Bantuan Langsung Tunai (BLT), harus dipastikan tepat sasaran.

Kenaikan Anggaran Bansos di 2024

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan bahwa anggaran belanja bansos yang sudah direalisasikan mencapai Rp43,31 triliun hingga 31 Maret 2024. Angka ini meningkat 20,7% dibandingkan tahun 2023, di mana anggaran bansos hanya Rp35,9 triliun. Hal ini diungkapkan Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa di Gedung Kementerian Keuangan, Jumat (26/4/2024).

Dukungan Terhadap Keluarga Penerima Manfaat

Bansos sangat membantu keluarga penerima manfaat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Presiden Jokowi berharap agar program bansos beras dapat terus berjalan hingga Desember 2024, meskipun harus mempertimbangkan ketersediaan dana APBN.

Baca Juga: Cek Namamu Sekarang! Daftar Penerima Bansos PKH dan BPNT Mei-Juni 2024 Telah Dirilis

Penyaluran Bansos untuk 22 Juta KPM

Pemerintah menargetkan penyaluran bansos kepada 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dalam dua tahap, yaitu Januari-Maret dan April-Juni 2024. Setiap bulan, penerima akan mendapatkan 10 kg beras untuk memenuhi kebutuhan konsumsi bulanan mereka.

Program Keluarga Harapan (PKH)

PKH adalah program bantuan sosial bersyarat untuk keluarga miskin. Penyalurannya akan dilanjutkan pada April, Mei, dan Juni 2024. Program ini rutin disalurkan kepada penerima manfaat yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Transparansi dan Akuntabilitas dalam Penyaluran BBaca Juga: Bansos BPNT Tahap 3 Siap Cair: SP2D Sudah Turun, Persiapkan Penarikan Saldo di PT Pos dan Bank Himbara!ansos

Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan bahwa penyaluran bansos untuk periode Januari-Maret 2024 dilakukan dengan koordinasi yang ketat dan penyesuaian DTKS oleh Kemensos. Hal ini untuk memastikan eksekusi dan transfer bansos tidak tertunda.

Baca Juga: ALHAMDULILLAH! Kabar Baik untuk Keluarga Penerima Manfaat: Lima Bansos Akan Cair Bulan Mei 2024

Pada 2024, penyaluran bansos dilakukan secara reguler tanpa masalah, baik dalam DTKS maupun modalitas transfer. Kemensos menyalurkan Rp20,4 triliun untuk PKH dan sembako, sesuai dengan UU APBN.

Halaman:

Editor: Subrata


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini