Rahasia Keindahan Gunung Kencana: Destinasi Favorit Pendaki di Jantung Bogor

- 29 Mei 2024, 13:59 WIB
Rahasia Keindahan Gunung Kencana: Destinasi Favorit Pendaki di Jantung Bogor
Rahasia Keindahan Gunung Kencana: Destinasi Favorit Pendaki di Jantung Bogor /wisato.id

JABEJABE.CO - Bogor, sebuah kota yang kaya akan keindahan alam, dikenal dengan udara segar dan pepohonan rimbun yang menghiasi setiap sudutnya. Tidak hanya itu, kota ini juga dikelilingi oleh banyak bukit dan gunung yang menawarkan pemandangan memukau, salah satunya adalah Gunung Kencana.

Gunung Kencana menjadi favorit para pendaki karena jalurnya yang menantang serta panorama indah yang dapat dinikmati sepanjang perjalanan. Gunung ini terletak di sebelah tenggara Bogor, tepatnya di Sukamukti, Kecamatan Tanjungmedar, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Dengan ketinggian sekitar 1.803 meter di atas permukaan laut, Gunung Kencana menawarkan jalur pendakian yang cukup mudah, terutama bagi pemula. Dari base camp, pendaki hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam untuk mencapai puncak.

Pendakian dimulai dengan menaklukkan tanjakan Sambalado, sebuah tanjakan setinggi 200 meter dengan kemiringan hampir 90 derajat. Jalur ini tidak berupa jalan datar atau tanjakan berbatu, melainkan deretan anak tangga yang menjulang. Terdapat dua pos trekking menuju puncak, dan sesampainya di puncak, pendaki akan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa dari segala arah.

Baca Juga: Liburan Seru di Goa Kelelawar Padayo, Destinasi Wisata Baru yang Wajib Dikunjungi di Kota Padang!

Di puncak Gunung Kencana, kita dapat melihat dua gunung besar yang berdiri megah, yaitu Gunung Pangrango dan Gunung Salak. Pemandangan ini memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para pendaki. Setelah menikmati panorama yang memukau dan melewati tanjakan Sambalado, pendaki dapat bersantai di antara luasnya perkebunan teh yang mengelilingi kawasan ini. Udara segar dan pemandangan indah akan menghilangkan segala kepenatan.

Gunung Kencana juga menjadi jalur favorit untuk bersepeda gunung. Setelah turun dari puncak, pendaki tidak perlu khawatir tentang kelelahan karena tersedia sarana transportasi yang siap mengantar pendaki kembali ke kaki gunung dengan aman.

Untuk menikmati keindahan Gunung Kencana, harga tiket masuk sangat terjangkau, mulai dari 20.000 rupiah jika melewati jalur Ciburay. Biaya tambahan mungkin dikenakan jika Anda memilih rute melalui Telaga Warna. Tiket masuk perkebunan teh juga cukup murah, hanya 25.000 rupiah per orang.

Baca Juga: Jangan Lewatkan! Ini 7 Tempat Wisata Populer di Jawa Tengah Tahun 2024 Lengkap dengan Fotonya

Dengan segala pesonanya, Gunung Kencana menjadi destinasi yang wajib dikunjungi bagi para pecinta alam dan pendaki. Pemandangan indah dan pengalaman mendaki yang menantang akan memberikan kenangan tak terlupakan.***

Editor: Subrata


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini