Efek Ajaib Teh Jahe: Mencegah Trombosis, Stroke, dan Serangan Jantung

- 11 Juni 2024, 10:24 WIB
Ilustrasi Teh Jahe
Ilustrasi Teh Jahe /Shutterstock/akepong srichaichana

JABEJABE.CO - Jahe adalah rempah-rempah yang dikenal luas karena berbagai manfaat kesehatannya. Salah satu manfaat yang mungkin belum banyak diketahui adalah kemampuannya dalam mengencerkan darah.

Minum teh jahe secara rutin dipercaya dapat membantu mencegah penyakit-penyakit yang berkaitan dengan kekentalan darah, seperti stroke, jantung koroner, dan trombosis. Jahe mengandung senyawa aktif bernama gingerol dan shogaol yang memiliki efek antitrombotik, yang membantu mencegah pembentukan gumpalan darah.

Bahaya Penggumpalan Darah

Penggumpalan darah, atau trombosis, adalah proses pembentukan gumpalan darah padat di dalam pembuluh darah atau arteri. Gumpalan darah ini dapat menyumbat aliran darah dan menyebabkan berbagai komplikasi serius, bahkan bisa berakibat fatal. Berikut adalah beberapa bahaya penggumpalan darah yang perlu diwaspadai:

1. Serangan Jantung dan Stroke

Penggumpalan darah di arteri koroner dapat menyebabkan serangan jantung, sedangkan di arteri karotid atau serebral dapat menyebabkan stroke. Kedua kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otot jantung atau otak, bahkan kematian.

Baca Juga: Minuman Pembersih Pengusir Perut Buncit: Kombinasi Jahe, Kunyit, Sereh, Lengkuas, Jeruk Nipis, dan Madu!

2. Emboli Paru

Emboli paru terjadi ketika gumpalan darah dari kaki atau lengan pecah dan terbawa ke paru-paru. Hal ini dapat menyebabkan sesak napas, nyeri dada, dan batuk berdarah, serta berakibat fatal.

3. Trombosis Vena Dalam (Deep Vein Thrombosis - DVT)

DVT adalah pembentukan gumpalan darah di vena dalam, terutama di kaki. Gejalanya meliputi nyeri, bengkak, kemerahan, dan rasa panas di kaki. DVT berisiko komplikasi serius jika gumpalan darah pecah dan terbawa ke paru-paru.

4. Gangguan Ginjal

Penggumpalan darah di ginjal dapat mengganggu aliran darah ke organ vital ini, menyebabkan kerusakan ginjal permanen, bahkan gagal ginjal.

5. Komplikasi Lainnya

Penggumpalan darah juga dapat menyebabkan gangren pada kaki atau tangan, serta komplikasi kehamilan.

Halaman:

Editor: Subrata


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah