Rahasia Besar di Balik Puasa Arafah yang Perlu Diketahui

- 11 Juni 2024, 11:52 WIB
Rahasia Besar di Balik Puasa Arafah yang Perlu Diketahui
Rahasia Besar di Balik Puasa Arafah yang Perlu Diketahui /ist

JABEJABE.CO - Bulan Dzulhijjah dalam penanggalan Hijriah tidak hanya menjadi momen penting setelah Ramadan dan Muharram, tetapi juga mempunyai keistimewaan tersendiri bagi umat Islam.

Rasulullah Muhammad Salallahu'alaihi wassalam menganjurkan umatnya untuk meningkatkan amalan puasa di bulan ini. Salah satu amalan yang sangat ditekankan adalah puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah yang dikenal sebagai puasa Arafah, dilaksanakan sehari sebelum Idul Adha.

Puasa Arafah untuk tahun 2024 jatuh pada tanggal 16 Juni, sesuai dengan penetapan Kementerian Agama Indonesia dalam sidang isbat pada tanggal 7 Juni 2024. Hal ini diselaraskan dengan perayaan Hari Raya Qurban pada tanggal 17 Juni.

Baca Juga: Siap-siap Jatuh Cinta! 9 Menu Buka Puasa yang Wajib Dicoba! Dari Menu Tradisional, Modern dan Internasional

Keutamaan dari puasa Arafah seharusnya tidak luput dari perhatian umat Islam yang beriman. Puasa ini memiliki keutamaan besar yaitu penghapus dosa selama satu tahun sebelumnya dan satu tahun ke depan.

Sebagaimana disampaikan oleh Abu Qotadah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa puasa Arafah mampu menghapus dosa selama setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. (HR. Muslim no. 1162).

Ustad Muhammad Abduh Tuasikal dari laman rumasyo- menjelaskan bahwa mengenai pengampunan dosa selama satu tahun sebelumnya dan satu tahun ke depan, para ulama memiliki pendapat yang berbeda.

Baca Juga: Rahasia Mengatasi Jerawat: Tips Puasa dan Pola Makan Sehat ala Dr. Zaidul Akbar

Imam Nawawi rahimahullah menyatakan bahwa jika bukan dosa kecil yang diampuni, maka dosa besar pun bisa dihapuskan atau diperingan. Sementara Ibnu Taimiyah rahimahullah berpendapat bahwa tidak hanya dosa kecil yang diampuni, tetapi dosa besar juga dapat terampuni karena sifat umum hadits tersebut. (Lihat Majmu’ Al Fatawa, 7: 498-500).

Halaman:

Editor: Subrata


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini