Ketahui Ciri-ciri Daging Kurban yang Anda Terima, Apakah Sehat atau Tidak, Ini Penjelasannya

- 17 Juni 2024, 17:16 WIB
Ketahui Ciri-ciri Daging Kurban yang Anda Terima, Apakah Sehat atau Tidak, Ini Penjelasannya
Ketahui Ciri-ciri Daging Kurban yang Anda Terima, Apakah Sehat atau Tidak, Ini Penjelasannya /unsplash.com/@sergeykotenev

JABEJABE.CO – Hari Raya Idul Adha adalah hari perayaan bagi umat muslim di mana umat muslim melaksanakan ibadah haji, dan sebagian lainnya melaksanakan ibadah kurban, ibadah kurban adalah ibadah di mana umat muslim menyembelih hewan mamalia ternak seperti kambing, sapi, unta, dan lain sebagainya.

Biasanya daging kurban yang telah dipotong potong dan ditimbang akan dibagikan secara percuma ke warga sekitar, biasanya masyarakat hanya menerima dan langsung memasak daging tersebut tanpa mengeceknya terlebih dahulu apakah daging tersebut sehat untuk dikonsumsi atau tidak.

Untuk memeriksanya, Anda harus memperhatikan beberapa indikator apakah daging itu baik atau buruk, beberapa tanda-tandanya mungkin tampak jelas, namun ada juga tanda-tanda lainnya tidak begitu jelas. Beberapa tanda mungkin terlihat baik secara estetis, tanda lainnya mungkin memerlukan pemeriksaan tekstur atau pemeriksaan lebih lanjut.

Indikator sebuah daging dikatakan baik atau buruk mungkin tampak sedikit rumit bagi sebagian orang. Hal ini terutama karena kebanyakan masyarakat, hanya tau baik buruknya daging berdasarkan apakah daging tersebut sudah busuk atau hancur. Namun daging juga bisa saja memiliki kualitas yang buruk meskipun bentuknya belum sepenuhnya rusak, berikut ciri-cirinya:

Baca Juga: Tips Praktis Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Berbulan-bulan

1. Bau yang Funky

Salah satu tanda paling jelas bahwa daging sudah tidak enak atau dagingnya busuk adalah dengan baunya yang mungkin tidak sedap. Jika daging, atau sebagian besar produk makanan lainnya, menghasilkan bau yang aneh atau tidak sedap, maka akan menghilangkan selera makan.

Meskipun bau yang sedikit asing belum tentu berarti dagingnya sudah hancur, hal ini merupakan indikasi jelas bahwa kualitas daging tersebut kurang baik.

Ilustrasi Daging Kurban
Ilustrasi Daging Kurban unsplash.com/@macrz

2. Perubahan warna

Mirip dengan bagaimana Anda bisa mencium bau daging yang sudah hilang aroma, Anda seharusnya bisa mengetahui bahwa daging Anda sudah hilang kesegaran hanya dengan melihatnya. Jika dagingnya rusak, atau secara umum kualitasnya buruk, warna dagingnya mungkin sedikit berubah.

Halaman:

Editor: Subrata


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini