Cara Laporkan Perusahaan yang Tidak Membayar THR Menggunakan HP

- 21 Maret 2024, 20:56 WIB
Cara Laporkan Perusahaan yang Tidak Membayar THR
Cara Laporkan Perusahaan yang Tidak Membayar THR /Ilustrasi THR ,Antara

JABEJABE.CO - Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan hak bagi setiap pekerja atau buruh di Indonesia. Aturan mengenai pembayaran THR telah diatur dengan jelas oleh pemerintah, dimana perusahaan diwajibkan untuk membayarkan THR paling lambat 7 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. Namun, tidak jarang terjadi kasus di mana perusahaan tidak mematuhi kewajibannya untuk membayar THR kepada karyawan-karyawannya.

Menteri Tenaga Kerja telah mengedarkan Surat Edaran (SE) Nomor M/2/HK.04/III/2024 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2024 Bagi Pekerja/Buruh Di Perusahaan. Dalam surat edaran tersebut, ditetapkan bahwa perusahaan yang tidak membayarkan THR sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan akan dikenakan sanksi yang tegas.

Bagi karyawan yang tidak menerima pembayaran THR sesuai dengan aturan yang berlaku, mereka memiliki hak untuk mengadukan perusahaan yang bersangkutan. Namun, seringkali para karyawan bingung mengenai langkah apa yang seharusnya mereka ambil ketika perusahaan tidak membayar THR mereka.

Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) telah menyiapkan posko pengaduan THR. Posko ini bertujuan untuk memberikan layanan kepada para karyawan yang mengalami keterlambatan pembayaran THR serta sebagai tempat konsultasi bagi perusahaan yang ingin menentukan besaran THR yang sesuai dengan ketentuan.

Kepala Disnaker Provinsi Bangka Belitung, Elius Gani, menjelaskan bahwa posko pengaduan THR ini akan tersedia di setiap kabupaten yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain untuk menampung laporan mengenai keterlambatan pembayaran THR, posko ini juga akan menjadi tempat konsultasi bagi perusahaan yang membutuhkan bantuan dalam menentukan besaran THR yang tepat.

Elius Gani juga menambahkan bahwa masyarakat yang mengalami masalah terkait pembayaran THR dapat melaporkannya melalui posko pengaduan tersebut secara langsung, ataupun melalui kanal online seperti nomor telepon dan pesan WhatsApp yang telah disediakan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para karyawan dalam melaporkan masalah yang mereka hadapi terkait dengan pembayaran THR.

Dengan adanya posko pengaduan THR ini, diharapkan para karyawan dapat dengan mudah melaporkan perusahaan yang tidak mematuhi kewajibannya untuk membayar THR, sehingga pemerintah dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah tersebut secara adil dan transparan.

Keuntungan Menggunakan HP untuk Melaporkan Perusahaan yang Tidak Membayar THR

Selain melalui posko pengaduan yang disediakan oleh pemerintah, karyawan juga dapat menggunakan HP mereka untuk melaporkan perusahaan yang tidak membayar THR. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan HP untuk melaporkan perusahaan yang tidak membayar THR:

Halaman:

Editor: Romaryo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini