Info Terkini! BMKG Peringatkan Potensi Banjir Bandang Lahar Dingin yang Lebih Seram di Sumbar!

- 14 Mei 2024, 14:18 WIB
Pantauan drone BPBD Tanah Datar kejadian banjir bandang di Simpang Manunggal, Kecamatan Lima Kaum, Kab Tanah Datar BPBD Tanah Datar
Pantauan drone BPBD Tanah Datar kejadian banjir bandang di Simpang Manunggal, Kecamatan Lima Kaum, Kab Tanah Datar BPBD Tanah Datar /Vivi/

JABEJABE.CO, SUMBAR - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan terkait potensi banjir lahar yang disebabkan oleh hujan susulan di Gunung Marapi, Sumatera Barat. Dampaknya diprediksi akan lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menerangkan bahwa tingginya intensitas hujan yang diperkirakan akan terjadi selama sepekan ke depan, hingga 22 Mei 2024, menjadi pemicu utama potensi banjir ini.

Bahkan, hujan dengan intensitas sedang pun mampu menggerakkan material lahar yang masih tebal, sisa erupsi sebelumnya.

Baca Juga: Banjir Bandang dan Lahar Dingin Menghantam Sumbar, Ketua BMKG Sebut Bukan Akibat Erupsi Marapi!

"Hujan intensitas sedang bisa menggerakkan material lahar Gunung Marapi yang masih tebal, sisa erupsi beberapa waktu lalu," jelas Dwikorita.

Dia menambahkan, hujan yang bercampur dengan partikel pasir halus bisa menciptakan aliran pekat yang mampu mengangkut truk dan bebatuan besar dengan diameter 2-3 meter dari puncak gunung ke bawah.

Kekhawatiran BMKG terletak pada aliran material besar yang dapat mencapai pemukiman di lereng perbukitan dan sepanjang aliran sungai.

Baca Juga: Ini Daerah yang Paling Terdampak Akibat Banjir Bandang dan Lahar Dingin Gunung Marapi di Sumbar!

Laporan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang diterima oleh BMKG menunjukkan adanya 28 jalur aliran lahar di Gunung Marapi yang bermuara di sungai-sungai di sisi Utara, Selatan, dan Timur gunung.

Halaman:

Editor: Hermansyah Paruk


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini