Kota Pariaman Bakal Gelar Hoyak Tabuik di Tanggal Ini, Ferialdi Sebut Akan Dihadiri Presiden Jokowi

- 28 Mei 2024, 12:19 WIB
Hoyak Tabuik Pariaman
Hoyak Tabuik Pariaman /Vivi/Ist

JABEJABE - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), telah mengumumkan pelaksanaan acara budaya dan wisata tahunan, Pesona Hoyak Tabuik yang akan berlangsung selama 15 hari.

Yakni mulai dari tanggal 7 hingga 21 Juli 2024. Acara ini dirancang agar puncak perayaan Tabuik jatuh pada hari Minggu.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Ferialdi menyampaikan bahwa selama 15 hari acara tersebut akan diisi dengan berbagai kegiatan terkait Tabuik, seperti lomba dan seminar tentang tabuik.

Baca Juga: Pemprov Sumbar Kolaborasi dengan Asosiasi Pilot Drone untuk Identifikasi Wilayah Rawan Bencana

Dia bilang pentingnya acara budaya dan wisata Tabuik diselenggarakan guna mempertahankan tradisi lokal dan memperkuat kebersamaan masyarakat, sekaligus menjadi sarana promosi wisata yang efektif bagi daerah tersebut.

Festival Tabuik ini mengenang wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW, Hussein, dan diadaptasi ke dalam budaya lokal untuk menarik wisatawan.

Setiap tahun, ratusan ribu wisatawan berbondong-bondong ke Pariaman untuk menyaksikan puncak acara ketika Tabuik dibuang ke laut. Tradisi ini menjadi salah satu warisan budaya yang dikenal hingga mancanegara.

Baca Juga: Begini Respon Jokowi atas Bencana Banjir Lahar Dingin di Sumbar

Hoyak Tabuik juga masuk dalam Kalender Event Nasional atau Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, memberikan apresiasinya terhadap festival ini.

Halaman:

Editor: Hermansyah Paruk


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini