Hati-hati Dapat Barang Jelek, Ini yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Bekas

- 12 Februari 2024, 22:39 WIB
Ilustrasi Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Bekas
Ilustrasi Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Bekas /pexels

JABEJABE.CO – Membeli mobil bekas adalah pilihan yang sangat menarik, menimbang terkadang harga mobil bekas dengan baru terlampau begitu jauh, kadang sampai selisih ratusan juta.

Namun membeli mobil bekas bukanlah sesuatu yang tidak memiliki resiko, banyak hal yang kita tidak tahu di balik kondisi mobil bekas yang kita beli.

Untuk itu tim JABEJABE media telah merangkum beberapa tips untuk membeli mobil bekas, sebagai berikut:

1. Cek Keadaan Mesinnya

Mesin adalah jantungnya mobil, maka dari itu, kondisi mesin adalah hal utama yang harus diperiksa saat ingin membeli mobil bekas.

Baca Juga: Jangan Asal! Begini Tips Bijak untuk Membeli Mobil Bekas Tanpa Kecewa Tahun 2024

Ilustrasi Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Bekas
Ilustrasi Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Bekas pexels

2. Periksa Apakah Ada Kebocoran

Kebocoran adalah hal yang paling gampang dilacak, seperti kebocoran bensin, oli, dan lain sebagainya. Perhatikan kolong mobil, perhatikan apakah ada tetesan tetesan kecil, dan apakah ada lumpur menggumpal di suatu titik di kolong mobil tersebut. Karena, lumpur menggumpal dan menempel pada mesin biasanya disebabkan karena ada oli yang bocor, dan oli tersebut merekatkan lumpur-lumpur sehingga jadi menggumpal.

3. Cek Oli

Ganti oli adalah rutinitas yang harus dilakukan pemilik mobil, dan jangan sampai luput dalam perhatian anda. Cek banyaknya oli, dan warna olinya masih baik dan belum berubah warna serta cek apakah ada kotoran yang menempel, karena ini menunjukkan apakah mobil tersebut terawat atau tidak.

4. Cek Gasket

Gasket adalah bagian tipis yang jadi seal atau karet penghubung antara mesin dan blok silinder. Pastikan gasket dalam keadaan sudah diganti baru, karena rawan terjadi kebocoran oli dan cairan pendingin.

Halaman:

Editor: Subrata


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x