Daftar Negara Terkaya di Asia: Singapura Memimpin, Timur Tengah Mendominasi

- 27 Juli 2023, 09:51 WIB
Singapura, Negara Terkaya di Asia
Singapura, Negara Terkaya di Asia /Pexels.com/Sungmo Heo

JABEJABE.co - Daftar Negara Terkaya di Asia: Asia, benua terluas di dunia, juga dikenal karena memiliki potensi kekayaan yang melimpah. Negara-negara di Asia telah berhasil mencapai status negara-negara kaya di dunia, menawarkan butik fesyen mewah, restoran berbintang Michelin, dan yacht pribadi yang megah berlabuh di pelabuhan-pelabuhan mereka.

Kekayaan di Asia tidak terbatas pada satu tipe negara saja, karena kawasan ini mencakup berbagai kekuatan ekonomi dan lanskap politik. Mulai dari negara kota kecil hingga ekonomi besar dengan populasi lebih dari 100 juta, semuanya berkontribusi pada keragaman kemakmuran di Asia.

Meskipun kekayaan Singapura begitu gemilang dan menjadi yang terbesar di Asia, kekayaan negara ini tidak tergantung pada sumber daya alam yang melimpah. Singapura telah tumbuh menjadi pusat layanan keuangan dan menawarkan beragam industri manufaktur, transportasi, teknik, logistik, elektronik, bioteknologi, dan produksi bahan kimia yang kuat.

Sementara Singapura mendominasi sebagai negara terkaya di Asia, negara-negara Timur Tengah juga menonjol dalam daftar sepuluh besar. Qatar, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Arab Saudi, Kuwait, dan Oman termasuk di antara negara-negara makmur dari wilayah tersebut.

Qatar, misalnya, telah cerdik dalam memanfaatkan cadangan minyaknya yang besar untuk menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Ekspor minyak telah memberikan kontribusi signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) negara ini sejak 1997. Sementara UEA, selain terkenal dengan gaya hidup mewahnya, juga menjadi pusat bisnis dan pariwisata terkemuka dunia, dengan sektor minyak yang tetap menjadi sumber pendapatan yang penting.

Baca Juga: Bukan Indonesia, Ini dia Negara Termiskin di Asia Saat Ini

Baca Juga: Bukan Raffi Ahmad, Berikut Artis Terkaya di Indonesia Saat Ini

Berikut adalah daftar negara-negara terkaya di Asia berdasarkan Pendapatan Domestik Bruto Per Kapita (PPP), berdasarkan data World Atlas:

  1. Singapura - $140.280 (sekitar Rp 2,07 miliar, mengikuti kurs Rp 14.782)
  2. Qatar - $123.039 (sekitar Rp 1,8 miliar)
  3. Uni Emirat Arab - $81.753 (sekitar Rp 1,2 miliar)
  4. Bahrain - $60.532 (sekitar Rp 894 juta)
  5. Arab Saudi - $58.736 (sekitar Rp 868 juta)
  6. Israel - $54.750 (sekitar Rp 809 juta)
  7. Kuwait - $53.841 (sekitar Rp 796 juta)
  8. Siprus - $52.057 (sekitar Rp 769 juta)
  9. Jepang - $51.594 (sekitar Rp 762 juta)
  10. Oman - $42.980 (sekitar Rp 635 juta)

Kekayaan negara-negara ini menjadi bukti bahwa Asia memiliki banyak potensi untuk mewujudkan kemakmuran yang luar biasa bagi penduduknya. Keberagaman ekonomi dan kekayaan alam yang dimiliki kawasan ini membuktikan bahwa potensi pertumbuhan ekonomi dan kemajuan terus berlanjut di masa depan.***

Editor: Subrata


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini