Cara Ajukan KUR Online BRI 2024, Solusi Penting untuk Modal Usaha Anda

- 6 Mei 2024, 18:44 WIB
Cara Ajukan KUR Online BRI 2024
Cara Ajukan KUR Online BRI 2024 /ist/

JABEJABE.CO - Mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Rakyat Indonesia (BRI) secara online semakin mudah dan cepat. Dalam panduan ini, kita akan membahas cara lengkap untuk mengajukan KUR BRI secara online pada tahun 2024. KUR adalah salah satu bentuk dukungan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ingin mengembangkan usahanya.

Apa Itu KUR?

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah jenis kredit atau pembiayaan modal kerja dan investasi yang ditujukan kepada individu, badan usaha, atau kelompok usaha skala UMKM. Program KUR memiliki subsidi bunga dan pola penjaminan dari pemerintah, sehingga memudahkan akses pembiayaan bagi UMKM yang produktif dan layak, namun belum memiliki agunan tambahan yang memadai.

Jenis KUR BRI dan Persyaratannya

Di BRI, terdapat dua jenis pinjaman KUR Mikro, yaitu Kredit Modal Kerja (KMK) dan Kredit Investasi (KI). KMK memiliki masa pinjaman maksimum 3 tahun, sementara KI memiliki masa pinjaman maksimum 5 tahun. Suku bunga yang ditawarkan adalah sebesar 6 persen efektif per tahun, dan yang lebih menguntungkan, KUR BRI bebas biaya administrasi dan provisi.

Baca Juga: Solusi Terjangkau, Pinjaman Tanpa Bunga dengan KUR BSI 2024 untuk Pengusaha UMKM

Beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi calon peminjam KUR Mikro BRI antara lain:

- Individu yang melakukan usaha produktif dan layak.

- Telah aktif dalam usaha minimal 6 bulan.

- Tidak sedang memiliki kredit dari lembaga keuangan lain, kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, atau Kartu Kredit.

- Persyaratan administrasi seperti KTP, KK, NPWP, NIB, dan surat izin usaha juga diperlukan.

Halaman:

Editor: Romaryo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah