Cara Investasi dan Main Trading Saham yang Mudah untuk Pemula

- 18 Desember 2023, 18:12 WIB
Cara Investasi dan Main Trading Saham yang Mudah untuk Pemula
Cara Investasi dan Main Trading Saham yang Mudah untuk Pemula /Pexels.com / D'Vaughn Bell/

JABEJABE.CO - Investasi saham kini semakin mudah diakses oleh siapa saja, terutama bagi para pemula. Dengan banyaknya cara trading saham, seperti online trading melalui smartphone pribadi, serta beragam informasi yang tersedia, tidak ada alasan untuk tidak memulai perjalanan investasi saham. 

Berikut adalah 4 cara investasi saham yang dapat Anda coba, beserta tips agar tidak salah langkah dalam dunia trading saham.

1. Tentukan Indeks Saham yang Tepat

Di Bursa Efek Indonesia (BEI), terdapat 22 jenis indeks saham. Penting untuk mengenali jenis-jenis yang umum digunakan oleh para pemain saham. Contohnya, LQ45 dan IDX30 adalah pilihan yang populer karena memiliki likuiditas tinggi dan didukung oleh perusahaan-perusahaan terpercaya. 

LQ45 terdiri dari 45 perusahaan, sedangkan IDX30 adalah 30 saham dengan likuiditas tertinggi. Pilih indeks saham yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi Anda.

Baca Juga: CARA Mudah Klaim Saldo DANA Gratis Rp 100 Ribu Hari Ini 18 Desember, Hanya Klik Link Aja

Baca Juga: Viral di TikTok, Aksi Seru Game Android Breakpoint, Pertarungan TNI di Hutan Papua

2. Pilihlah Sekuritas yang Sesuai

Saat membeli saham, Anda akan menggunakan perantara perusahaan sekuritas atau broker saham. Penting untuk memilih sekuritas yang menawarkan biaya transaksi yang rendah, misalnya 0,20% dari jumlah pembelian saham. 

Dengan memilih sekuritas yang memberikan persentase biaya lebih rendah, Anda dapat memaksimalkan keuntungan Anda dan membuat proses trading saham lebih efisien.

3. Rencanakan Periode Trading Saham

Cara trading saham dapat dibagi berdasarkan periode waktu, yaitu jangka panjang dan pendek. Jangka pendek cenderung memiliki risiko kerugian yang lebih tinggi, tetapi memberikan peluang profit yang lebih cepat. 

Halaman:

Editor: Romaryo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini