Strategi Aman Belanja Online: 4 Tips Utama dari Bukalapak

- 21 Juni 2024, 12:33 WIB
Strategi Aman Belanja Online: 4 Tips Utama dari Bukalapak
Strategi Aman Belanja Online: 4 Tips Utama dari Bukalapak /bankmega.com

JABEJABE.CO - Saat ini, semakin banyak orang memilih platform online untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Dengan naiknya popularitas belanja online, risiko kejahatan siber juga meningkat secara signifikan.

Oleh karena itu, Bukalapak mengajak penggunanya untuk menjadi pengguna cerdas melalui kampanye online yang dikenal dengan nama 4 AMAN 5 Sempurna.

Tips Aman Berbelanja Online

AMAN adalah singkatan dari Antisipasi, Menjaga Kerahasiaan, Atur ulang password, Nyalakan TFA (Two Factor Authentication), dan untuk menjadikan transaksi sempurna, selalu hubungi BukaBantuan jika menemukan aktivitas mencurigakan pada akun atau saat bertransaksi di Bukalapak.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh: DANA PayLater, Solusi Praktis Belanja Online Tanpa Harus Bayar Langsung!

Inisiatif ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk melindungi konsumen dari ancaman kejahatan siber. Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memperkenalkan situs aduankonten.id sebagai upaya nyata untuk memprioritaskan perlindungan tersebut.

Situs aduankonten.id berfungsi sebagai platform untuk melaporkan segala konten negatif yang dianggap melanggar UU ITE, baik dari situs web, media sosial, atau game online.

Setiap warga Indonesia yang terdaftar di aduankonten.id dapat aktif berpartisipasi dengan melaporkan konten-konten negatif yang ditemui di berbagai platform online.

"Dengan adanya aduankonten.id, kami berharap dapat mengurangi risiko kejahatan siber yang dihadapi masyarakat. Kami memberikan apresiasi atas inisiatif Bukalapak dalam mengedukasi keamanan siber secara rutin, karena semakin banyak yang terlibat dalam kampanye ini, semakin banyak pula masyarakat yang sadar untuk menjaga keamanan saat bertransaksi online," ujar Syamsul Arifin, Ketua Tim Pengendalian Konten Internet Negatif Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Halaman:

Editor: Subrata


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah