Jelang Pilkada, Bawaslu Belitung Timur Gelar Bimtek Untuk Panwascam

- 22 Juni 2024, 19:24 WIB
Anggota Bawaslu Kabupaten Belitung Timur, Ihsan Jaya
Anggota Bawaslu Kabupaten Belitung Timur, Ihsan Jaya /Jabejabe/ryo

JABEJABE, Belitung Timur - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Belitung Timur menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Serentak tahun 2024 mendatang.

Kegiatan Bimtek berlangsung di Hotel Guest Manggar yang dibuka oleh Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Belitung Timur, Ihsan Jaya dan diikuti sebanyak 21 orang Panwascam dari 7 kecamatan di Kabupaten Belitung Timur. 

"Kegiatan Bimtek dilaksanakan selama tiga hari sejak 21 sampai 23 Juni 2024 di Hotel Guest Manggar Kabupaten Belitung Timur," ujar Ihsan Jaya.

Dia menjelaskan, tujuan pelaksanaan kegiatan Bimtek ini untuk meningkatkan pengetahuan Panwascam mengenai regulasi dan aturan Pilkada serta sebagai upaya untuk menyamakan persepsi mengenai pemahaman aturan dalam pengawasan pelaksanaan Pilkada 2024.

Baca Juga: Masa Jabatan 39 Kades dan 218 BPD di Beltim Diperpanjang, Bupati Harap Kerja Lebih Optimal

"Kegiatan ini sangat penting karena melalui pertemuan-pertemuan seperti ini kita bersama-sama meningkatkan kapasitas pemahaman kita masing-masing. Dengan Bimtek ini, kita harapkan seluruh anggota Panwascam dapat menyerap semua materi yang disampaikan narasumber yang kemudian bisa diimplementasikan di lapangan," terangnya. 

Lebih lanjut dia mengajak para ketua dan anggota Panwascam untuk memanfaatkan kegiatan Bimtek tersebut dengan sebaik-baiknya sebagai kesempatan untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan mengenai pengawasan Pilkada 2024.

"Silahkan manfaatkan momentum Bimtek selama tiga hari ini untuk saling berdiskusi, dan tanyakan pada narasumber apa saja hal-hal yang kurang jelas sehingga kita selesai Bimtek ini mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang utuh sehingga siap dalam melakukan tugas pengawasan proses pemutakhiran data pemilih maupun nanti pada saat kampanye ataupun nanti pada saat pelaksanaan penghitungan suara", lanjutnya. 

Dalam kesempatan itu pula, dia menegaskan agar para Panwascam dapat mempertahankan komitmennya untuk menjalankan tugas pengawasannya dengan baik dan sungguh-sungguh. 

Halaman:

Editor: Romaryo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini