Fasilitas dan Kelas Kereta Cepat Whoosh, Dukung Peningkatan Kualitas Pariwisata

- 3 Oktober 2023, 09:25 WIB
Ilustrasi Fasilitas dan Kelas Kereta Cepat Whoosh
Ilustrasi Fasilitas dan Kelas Kereta Cepat Whoosh /kemenparekraf.go.id

JABEJABE.CO - Dengan beroperasinya Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) atau yang dikenal dengan nama "Whoosh" mulai tanggal 2 Oktober 2023, diperkirakan akan berdampak positif pada peningkatan kualitas sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, terutama dalam hal aksesibilitas para wisatawan menuju destinasi wisata dan pusat ekonomi kreatif di Jawa Barat.

Dessy Ruhati, Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, setelah mengikuti joy ride dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung "Whoosh" pada 29 September 2023, menyatakan harapannya bahwa "Whoosh" akan memperkuat pencapaian target jumlah wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara di tahun 2023.

Dukung Peningkatan Kualitas Pariwisata

Dessy menekankan bahwa kehadiran KCJB akan mendukung peningkatan kualitas sektor pariwisata dengan meningkatkan konektivitas ke berbagai destinasi wisata, sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, baik domestik maupun internasional.

 

Hingga pertengahan tahun ini, jumlah pergerakan wisatawan domestik di Indonesia telah mencapai sekitar 433 juta. Dengan adanya kereta cepat dan potensi penggunaan konektivitas di berbagai moda transportasi lainnya, diharapkan target mencapai 1,2 miliar hingga 1,4 miliar pergerakan wisatawan domestik di tahun 2023 dapat tercapai.

Untuk mendukung pencapaian target tersebut, Kemenparekraf mendorong pelaku industri pariwisata untuk menyusun paket-paket perjalanan wisata yang memasukkan kereta cepat sebagai salah satu daya tarik atau opsi transportasi bagi para wisatawan.

Dessy juga merencanakan pengembangan jaringan kereta cepat hingga ke wilayah-wilayah lain di Indonesia, seperti Surabaya, Sumatra, Sulawesi, dan daerah lainnya, sebagai bagian dari upaya dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Kelas dan Fasilitas Kereta Cepat

Selain itu, dalam hal kelas dan fasilitas kereta cepat "Whoosh", terdapat tiga kategori kelas yang ditawarkan, yaitu kelas pertama (first class) dengan harga Rp350 ribu, kelas bisnis (business class) dengan harga Rp300 ribu, dan kelas premium ekonomi dengan harga Rp250 ribu.

Halaman:

Editor: Subrata

Sumber: Kemenparekraf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini