Jemaah Calon Haji Indonesia Diminta Disiplin Hidup Sehat! Begini Saran Kesehatan dari Naning Nugrahini

- 9 Mei 2024, 11:31 WIB
Jemaah Calon Haji Indonesia Diminta Disiplin Hidup Sehat! Begini Saran Kesehatan dari Naning Nugrahini/
Jemaah Calon Haji Indonesia Diminta Disiplin Hidup Sehat! Begini Saran Kesehatan dari Naning Nugrahini/ /Kemenag.go.id

 

JABEJABE - Naning Nugrahini, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Soekarno-Hatta, menekankan pentingnya kesiapan fisik bagi calon jemaah haji dan umrah sebelum mereka berangkat ke Arab Saudi.

Dalam suatu diskusi dengan media di Jakarta pada tanggal 9 Mei 2024, ia mengungkapkan bahwa persiapan kesehatan ini tidak kalah pentingnya dengan persiapan spiritual.

"Calon jemaah akan berinteraksi dan berkumpul dengan ribuan orang dari berbagai negara, berada dalam kondisi yang padat dan sesak, serta menghadapi perubahan iklim yang kadang ekstrem," jelas Naning.

Baca Juga: Haji Sehat, Haji Hebat! Tips Agar Tetap Bugar untuk Lansia yang Akan Menjalankan Ibadah Haji 2024

Menurutnya pula, kondisi tersebut sangat mungkin meningkatkan risiko terjadinya berbagai gangguan kesehatan, termasuk penyakit menular dan tidak menular.

Naning menambahkan bahwa sangat vital bagi jemaah untuk memelihara kebugaran jasmani dengan menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan sehat, serta memastikan mereka menjalani vaksinasi yang direkomendasikan.

Saran Kesehatan untuk Jemaah Haji
Saran Kesehatan untuk Jemaah Haji

Selain itu, dia pun menekankan perlunya perhatian lebih bagi jemaah lanjut usia atau mereka yang memiliki penyakit penyerta karena mereka berisiko tinggi terkena gangguan kesehatan.

Lebih lanjut, Naning mengimbau semua jemaah untuk menerapkan gaya hidup sehat secara disiplin, termasuk pengaturan pola makan, kecukupan asupan air, istirahat yang cukup, dan menjaga kebersihan.

Halaman:

Editor: Hermansyah Paruk


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini