Elon Musk Raih Kembali Mahkota Sebagai Orang Terkaya Dunia di Tengah Rollercoaster Keuangan

- 30 Juli 2023, 19:15 WIB
Elon Musk
Elon Musk /REUTERS/Gonzalo Fuentes

JABEJABE.co - Elon Musk sekali lagi mengamankan posisinya sebagai orang terkaya di dunia, melampaui miliarder Prancis Bernard Arnault karena penurunan nilai kerajaan barang mewah LVMH milik Arnault.

Pada usia 51 tahun, pemimpin inovatif Tesla dan pemilik Twitter ini telah menyaksikan pemulihan kekayaannya yang luar biasa, mencapai $192 miliar (£153 miliar), menandai peningkatan substansial $55 miliar sejak awal tahun. Sementara itu, kekayaan Arnault telah mengalami kemunduran, turun $5 miliar dalam 24 jam terakhir, menjadikan kekayaan bersihnya menjadi $187 miliar, menurut indeks miliarder yang diperbarui setiap hari oleh Bloomberg.

Arnault sebelumnya telah menyalip Musk sebagai orang terkaya di dunia pada Desember tahun lalu, karena nilai saham LVMH melonjak karena melonjaknya permintaan akan produk mewahnya. Selama waktu itu, kekayaan Musk menghadapi penurunan karena harga saham Tesla turun, terutama karena kekhawatiran investor bahwa perhatiannya mungkin dialihkan oleh akuisisi Twitter baru-baru ini.

Baca Juga: Daftar 15 Negara Terkaya di Eropa 2023, Negara Mana Paling Kaya?

Selanjutnya, kekayaan Arnault melanjutkan pendakiannya, melampaui $200 miliar pada bulan April, bertepatan dengan rekor penilaian tertinggi LVMH, yang mencakup merek ikonik seperti Louis Vuitton, Christian Dior, dan sampanye Moët & Chandon. Namun, baru-baru ini, analis telah menyatakan kekhawatiran bahwa pasar barang mewah mungkin mengalami gelembung, yang menyebabkan penurunan signifikan lebih dari 10% saham LVMH dan akibatnya berdampak pada perkiraan nilai kekayaan Arnault.

Pengusaha berusia 74 tahun, yang ikut mendirikan konglomerat barang mewah 35 tahun lalu dan tetap menjadi pemegang saham mayoritas, membuat penunjukan strategis di dalam perusahaan dengan melibatkan anak-anaknya dalam peran kunci. Khususnya, pada bulan Januari, anak sulungnya, Delphine, diangkat sebagai kepala Christian Dior, merek terbesar kedua kekaisaran. Selain itu, kakaknya Antoine dipromosikan untuk memimpin perusahaan induk yang mengendalikan LVMH dan seluruh kekayaan keluarga Arnault.

Baca Juga: Bukan Raffi Ahmad, Berikut Artis Terkaya di Indonesia Saat Ini

Kekayaan Elon Musk secara intrinsik terkait dengan kinerja saham Tesla, karena ia memiliki sekitar 13 persen kepemilikan pabrikan mobil listrik tersebut. Tahun ini terbukti sangat menguntungkan bagi Tesla, dengan sahamnya mengalami kenaikan yang mengesankan sebesar 88 persen sejak awal tahun.

Mengamankan tempat ketiga dalam daftar orang terkaya di dunia adalah Jeff Bezos, pendiri dan ketua eksekutif Amazon, dengan perkiraan kekayaan sekitar $144 miliar. Perlu dicatat bahwa 11 posisi teratas dalam daftar dipegang oleh pria, dengan wanita terkaya adalah Françoise Bettencourt Meyers, pewaris L'Oréal, berada di posisi No. 12 dengan kekayaan $86 miliar.***

Editor: Subrata


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini