Rencana Jadwal CASN 2024 Terganggu, Ini Alasan Keterlambatan Detail Formasi dari Menteri PAN-RB!

- 4 Mei 2024, 23:26 WIB
Rencana Jadwal CASN 2024 Terganggu, Ini Alasan Keterlambatan Detail Formasi dari Menteri PAN-RB!
Rencana Jadwal CASN 2024 Terganggu, Ini Alasan Keterlambatan Detail Formasi dari Menteri PAN-RB! /

JABEJABE.CO - Abdullah Azwar Anas, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), mengumumkan bahwa pendaftaran untuk Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 dijadwalkan dimulai pada bulan Juni, dengan total 1,28 juta formasi yang akan dibuka.

Menurut Anas, proses pendaftaran ini baru bisa dilaksanakan setelah semua rincian formasi yang diajukan oleh berbagai instansi selesai diverifikasi dan divalidasi.

Proses detail kebutuhan Aparatur Sipil Negara untuk tahun 2024 seharusnya sudah rampung antara tanggal 15 hingga 29 Maret 2024, namun diperpanjang sampai 30 April 2024 karena beberapa instansi belum menyelesaikan rincian usulan formasi mereka, khususnya yang mengajukan jumlah formasi besar.

Baca Juga: Resmi Diumumkan! Ini Dia Jadwal Seleksi CPNS dan CASN dari Kedinasan dan Kementerian hingga Pemda!

"Kami berharap agar instansi yang belum menyelesaikan rincian formasi ini bisa segera menuntaskannya dengan memasukkan data ke dalam Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN) yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN)," jelas Anas dalam konferensi pers tentang Progres Pengadaan ASN Tahun 2024 yang diadakan di Jakarta.

Hingga tanggal 2 Mei 2024, sudah ada 602 instansi yang telah menyerahkan detail kebutuhan formasi ke SIASN BKN, meliputi jenis pengadaan, nama jabatan, deskripsi jabatan, kualifikasi pendidikan, alokasi formasi, unit penempatan, serta rentang penghasilan.

Beberapa faktor yang menyebabkan keterlambatan dalam pengiriman rincian formasi ini termasuk kegiatan pemetaan jabatan yang masih berlangsung, keterbatasan informasi mengenai data non-ASN, dan keperluan pembaruan data peta jabatan di SIASN BKN.

"Insya Allah, kami berharap bisa memulai pendaftaran pada Juni atau Juli tahun ini, segera setelah instansi menerima surat keputusan dari Menteri PAN-RB tentang penetapan kebutuhan ASN dan telah berkoordinasi dengan BKN untuk pengumuman lowongan serta persiapan seleksi," tambah Anas.

Sementara itu, pendaftaran seleksi CPNS 2024 di sekolah kedinasan dijadwalkan akan dimulai pada pekan kedua bulan Mei dengan delapan instansi penyelenggara yang menyediakan total 3.445 formasi.

Halaman:

Editor: Hermansyah Paruk


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah