Sadar Ilegal, Apakah Meja Goyang di Beltim Siap Tertib? Taat Aturan? Bagaimana dengan WPR?

- 21 Oktober 2023, 20:36 WIB
Dua pekerja di meja goyang tampak sedang menunggu pengguna jasa.
Dua pekerja di meja goyang tampak sedang menunggu pengguna jasa. /jabejabe.co/ryo

SEJUMLAH elemen masyarakat melalui portal media online mengungkapkan keresahan terhadap aktivitas ilegal meja goyang. Terutama, karena aktivitas tersebut berada di tengah-tengah pemukiman masyarakat. Bahkan menurut penelitian Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) beberapa waktu lalu, ada dua jenis radiasi yang memberikan dampak bagi kesehatan. Radiasi eksternal dan radiasi internal. Radiasi internal atau bagi pekerja menyebabkan penyakit pernapasan, sementara radiasi eksternal atau bagi masyarakat sekitar bisa mengakibatkan kanker.

 

Sebagaimana diketahui, meja goyang atau shaking table merupakan alat pengolahan bijih timah yang digunakan untuk meningkatkan nilai atau kadar, mengolah bijih timah berkadar rendah (low grade) (<10%) menjadi bijih timah dengan kadar standar peleburan PT Timah (72-74% Sn).

Di sisi lain, kini meja goyang yang merupakan salah satu alat operasi produksi biji timah ini bukan hanya dimiliki oleh pemilik Izin Usaha Pertambangan (IUP), melainkan pengusaha yang tak punya IUP atau mereka yang tidak bermitra dengan pemilik IUP, juga punya. Dengan kata lain, aktivitas tersebut adalah ilegal.

Media ini sebetulnya sudah pernah mengungkap sebagian kecil informasi seputar meja goyang, dan sudah tayang beberapa waktu lalu. Oleh sebab itu, ingin mengetahui lebih banyak, maka Tim jabejabe.co kembali mengunjungi salah satu meja goyang yang terdapat di seputaran areal Sungai Manggar.

Tak Ada Titik Temu, Pengelola Meja Goyang Puasa Bicara hingga . . .

Siang itu, Kamis 19 Oktober 2023 sekitar pukul 14:00, nampaknya langit di Belitung Timur masih cerah-cerah saja meski November sudah di ambang mata, kami memutuskan mampir ke meja goyang setelah sebelumnya sempat membeli masker di sebuah toko kelontong.

Baca Juga: Analisis Kasus Penyidikan Tata Niaga Timah di Bangka Belitung dari Kejagung RI Menurut Pengamat

Memasuki area meja goyang, aroma khas pembakaran cukup menggoyang bulu hidung. Bau asap tersebut berasal dari aktivitas pemanggangan biji timah sebelum akhirnya biji-biji mineral itu digoyang untuk meningkatkan kadar Sn atau oc-nya. Tampak lima pekerja di dalamnya sibuk; mengoperasikan meja goyang, memanggang biji timah, dan entah apa lagi. Fokus kami hanya menemui pengelola untuk berkelakar. Itu saja.

Halaman:

Editor: Subrata


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini