Unik Semarak Tujuh Likur Di Desa Dalil, Warga Buat Lampu Colok Hias Hingga Mobil-mobilan

- 8 April 2024, 16:48 WIB
 Unik Semarak Tujuh Likur Di Desa Dalil
Unik Semarak Tujuh Likur Di Desa Dalil /Dany/Jabejabe

JABEJABE.CO - Semarak 10 hari terakhir Ramadan mulai terasa di Desa Dalil, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka. Senin 8 April 2024 berlangsung meriah.

Tradisi yang mereka nanti-nanti pada malam 27 Ramadan akhirnya tiba. Mereka menyebutnya dengan Malam Tujuh Likur.

Perayaan malam tujuh likur di Desa Dalil turut meriah dengan banyaknya gerbang lampu colok yang menerangi sudut-sudut wilayah. Lilin-lilin menyala terang di depan perkarangan rumah warga.

Tak hanya itu saja, anak-anak tampak antusias membuat mobil-mobilan berbahan dasar rumbia dengan lilin di atasnya demi menyemarakkan tradisi tujuh likur ini.

Inu (22) warga Desa Dalil mengakui bahwa tujuh likur di bulan Ramadhan tahun ini terasa lebih meriah ketimbang tahun sebelumnya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Syarat Pinjaman KUR BRI 2024: Persiapkan Dokumen Ini untuk Sukses Mendapatkan Dana Usaha

"Kalau tahun lalu itu warga hanya menyalakan lilin saja di depan rumahnya jadi kurang ramailah , tapi tahun ini banyak yang membuat kreatifitas lampu hias," ucapnya.

Di sisi lain kata Inu, pembuatan mobil-mobilan berbahan dasar rumbia oleh anak-anak juga membuatnya bernostalgia ketika ramadhan di waktu kecil. Hal itu pula yang menjadikan semarak ramadhan tahun ini semakin meriah.

Halaman:

Editor: Romaryo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini