Dikelola PT Timah, Hutan Kehati Muntok Jadi Sarana Edukasi Perlindungan Keanekaragaman Hayati

- 20 April 2024, 01:10 WIB
Dikelola PT Timah, Hutan Kehati Muntok Jadi Sarana Edukasi Perlindungan Keanekaragaman Hayati
Dikelola PT Timah, Hutan Kehati Muntok Jadi Sarana Edukasi Perlindungan Keanekaragaman Hayati /

 

JABEJABE.CO |Hutan Keanekaragaman Hayati (Kehati) merupakan salah satu komitmen PT Timah untuk mendukung menjaga pelestarian ekosistem alami di sekitar perusahaan melalui perlindungan dan pemeliharaan flora dan fauna di dalamnya serta menjaga peran-peran ekologis.

PT Timah menyadari Hutan Kehati merupakan ekosistem penting bagi kelangsungan hidup berbagai spesies flora dan fauna untuk menjaga ekosistem bagi manusia dan mahluk hidup lainnya.

Hutan Kehati Muntok yang juga merupakan Hutan Kota Mentok, Kabupaten Bangka Barat juga merupakan kawasan yang dikelola PT Timah agar tetap terjaga kelestariannya.

Baca Juga: Tidak Ada Kartu Kredit? Tidak Masalah! Dapatkan Pinjaman Instan dengan DANA PayLater! Simak Cara Aktivasinya!

Kawasan Hutan Kehati Muntok memiliki luas 2,2 hektar yang ditumbuhi berbagai pohon endemik dan menjadi tempat hidup flora dan fauna di kaswasan tersebut.

Di Hutan Kehati Muntok diketahui terdapat sebanyak 61 jenis flora seperti laban, medang, pelempang, gaharu, jambu hutan, ketapang, akasia daun kecil, bakau, nipah, perepat, api-api dan pelawan rumah.

Sedangkan untuk fauna, di Hutan Kehati Muntok terdapat 36 jenis fauna diantaranya ialah burung madu kelapa, elang bondol, burung madu sriganti, cekakak sungai, kareo padi, kekep babi, layang-layang batu, kirik-kirik biru, pelatuk merah, kadalan saweh, rusa sambar, bajing kelapa, kelesak, tempelak igik labu, kelik sulong, ikan belang baju dan lainnya.

Baca Juga: TABEL KUR BRI TERBARU 2024 Lengkap dengan Syarat, Suku Bunga dan Batas Maksimumnya Berapa?

Anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID, PT Timah dalam melaksankan perlindungan Hutan Kehati melakukan beberapa program seperti penanaman dan penyulaman, pemeliharaan dan perawatan tanaman - pengkayaan jenis tanaman, Pemeliharaan satwa, Laboratorium Kultur Jaringan, Pembibitan tanaman dan melakukan monitoring dan evaluasi.

Halaman:

Editor: Subrata

Sumber: timah.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x