Setiap Tahun PT Timah Dukung Pelestarian Tradisi Ziarah Kute Seribu di Bangka Barat

- 21 Juni 2024, 18:39 WIB
Setiap Tahun PT Timah Dukung Pelestarian Tradisi Ziarah Kute Seribu di Bangka Barat
Setiap Tahun PT Timah Dukung Pelestarian Tradisi Ziarah Kute Seribu di Bangka Barat /timah.com

JABEJABE.CO, BANGKA BARAT - Pelestarian adat, budaya dan tradisi merupakan salah satu perhatian PT Timah.

Berkolaborasi dengan masyarakat, PT Timah mendukung kegiatan tradisi Ziarah Kute Seribu di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Kamis 20 Juni 2024.

Tradisi Ziarah Kute Seribu yang dilaksanakan empat hari setelah lebaran Idul Adha ini telah menjadi wisata religi bagi masyarakat di Daerah Mentok maupun daerah lainnya.

Baca Juga: Berbagi Kebahagiaan dengan Masyarakat Bateng Saat Idul Adha, PT Timah Serahkan Puluhan Hewan Kurban

Ketua Panitia Ziarah Kute Seribu Saleh Al Kaff mengatakan Ziarah Kute Seribu semula tradisi kampung, tapi kini telah dikenal berbagai daerah.

"Awalnya hanya dihadiri masyarakat Kampung Tanjung dan sekitarnya, terus berkembang setelah beberapa dekade, mulai dikenal masyarakat Mentok dan Bangka Barat. Setiap tahun selesai Idul Adha ke 4, kita mengadakan acara Haul, dari situ mulai dikenal di luar kota Mentok. Selain peziarah di Pulau Bangka, hadir pula dari sejumlah daerah seperti Palembang, Jakarta, Bandung, Bogor, dan lain-lain," katanya.

Menurutnya, setiap tahun PT Timah mendukung tradisi Ziarah Kute Seribu yang dilaksanakan. Apalagi setiap tahun jumlah tamu yang datang untuk menghadiri ini semakin banyak.

"Kami dari panitia khususnya masyarakat Tanjung sangat berterima kasih kepada PT Timah setiap tahun mendukung kegiatan ini. Bantuan PT Timah sangat membantu untuk kegiatan Ziarah Kute Seribu," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Informatika Muhammad Ali mengatakan Ziarah Kute Seribu telah menjadi Agenda Wisata Bangka Barat.

Halaman:

Editor: Hermansyah Paruk

Sumber: timah.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah