Pertalite Dihapus Mulai 2024, Pertamina Kenalkan Solusi BBM Terbaru

- 31 Agustus 2023, 14:10 WIB
Pertalite Dihapus Mulai 2024, Pertamina Kenalkan Solusi BBM Terbaru
Pertalite Dihapus Mulai 2024, Pertamina Kenalkan Solusi BBM Terbaru /Foto: mypertamina.id

JABEJABE.CO - PT Pertamina (Persero) akhirnya menghapuskan rencana penggunaan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite yang awalnya dijadwalkan akan dimulai tahun depan, tepatnya pada 2024. Keputusan ini diumumkan oleh Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina.

Nicke menjelaskan bahwa keputusan untuk menghapus Pertalite dari daftar BBM yang tersedia di SPBU milik Pertamina sesuai dengan program yang telah diterapkan sejak dua tahun lalu. Program ini dikenal sebagai program 'Langit Biru'.

Langkah pertama dari program 'Langit Biru' adalah menggantikan BBM subsidi jenis RON 88 atau Premium dengan RON 90 atau Pertalite. Namun, pada tahun 2024, program ini akan melanjutkan langkahnya dengan menghilangkan Pertalite dari daftar BBM yang ada.

"Langkah berikutnya sesuai rencana adalah tahap dua dari program Langit Biru, di mana BBM subsidi akan ditingkatkan dari RON 90 menjadi RON 92," ungkap Nicke Widyawati dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VII DPR pada Rabu, 30 Agustus 2023.

"Ikhtisar aturan dari KLHK menetapkan bahwa angka oktan yang boleh dijual di Indonesia harus minimal 91," tambahnya.

Oleh karena itu, penghilangan Pertalite dari daftar BBM yang ditawarkan oleh Pertamina dianggap sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Langkah ini dianggap sejalan dengan tujuan lingkungan dan rencana untuk mengurangi impor BBM.

"Jadi, keputusan ini sangat tepat dalam beberapa hal. Pertama, ini akan membantu mengurangi emisi karbon. Kedua, ini akan membantu kami memenuhi kebijakan bioetanol, dan yang ketiga, ini akan mengurangi ketergantungan pada impor bensin," jelas Nicke Widyawati.

Pengganti Pertalite pada Tahun 2024

Meskipun Pertalite akan dihapus pada tahun 2024, masyarakat tidak perlu khawatir. Pasalnya, Pertamina telah merancang alternatif yang dianggap lebih baik, bukan hanya untuk kendaraan tetapi juga untuk lingkungan.

"Oleh karena itu, pada tahun 2024, kami meminta dukungan untuk peluncuran Pertamax Green 92. Sejatinya, ini adalah varian Pertalite yang dicampur dengan etanol. Dengan meningkatkan angka oktannya dari 90 menjadi 92. Sehingga, pada tahun depan, kami hanya akan menawarkan tiga produk BBM," papar Nicke Widyawati.

Halaman:

Editor: Subrata


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini